Rahasia dalam perusahaan – Tips menangani teman kerja yang curang

Dalam kita bekerja tentunya akan menemui rekan kerja dengan berbagai macam sifatnya. Ada yang cuke, ada yang suka membantu, ada yang sportif, ada yang curang, ada yang jahil, bahkana da yang jahat.
Teamwork, sumber
Kali ini aku akan share beberapa pengalaman mengenai cara menangani teman kerja yang …. lah pokoknya tidak menyenangkan kalau bekerja dengan orang seperti itu. Yang curang lah, yang suka menang sendiri lah, yang egois lah, yang suka iri dan sejenisnya. Ini berdasarkan pengalaman pribadiku sendiri.
Bekerja bersama orang yang tidak menyenangkan karena sikap dan perliaku akan mempengaruhi hasil kerja kita. Baik karena efek dari perbuatan teman itu atau kita yang menjadi males bekerja karena dia.
Orang yang curang/culas/egois/mau menang sendiri nggak lepas dari hal-hal berikut ini :
  1. Kalau ada pembagian job dia akan ngambil porsi sedikit
  2. Kalau ada penilaian dia akan menojolkan diri di hadapan bos agar terlihat dia bekerja keras
  3. Kalau ada orang lain yang berprestasi dia akan iri dan atau menyebar gosip dan atau tindakan lainya untuk menunjukan ketidak sukaannya.
Kita bisa mengakalinya dengan banyak cara diantaranya :
  1. Kurangi bekerja sama dengan dia. Atau kurangi jenis-jenis pekerjaan yang kita harus bekerja sama dengan dia. Jika sudah jadi job dari perusahaan bahwa kita harus bekerjasama dengan dia maka tips kedua berikut dapat diterapkan
  2. Kita harus tegas dalam mengambil porsi pekerjaan. Yang sering jadi masalah sebenarnya adalah porsi pekerjaan sama hasil pekerjaan. Orang yang curang/culas dalam hatinya ketika bekerja sama menyelesaikan sebuah job, dia akan mengambil porsi kerja yang sedikit, tetapi giliran melaporkan hasil, dia pengin yang paling banyak.Dari sini kita harus tegas, soalnya kalau nggak tegas, orang sepertu itu tuh gak ada malunya untuk mengambil/menyrobot jatah kita. Tentunya dengan berbagai alasan pembenaran dia menurut kebenaran versi dia. Kita harus tegas dari awal bekerja bahwa pembagian tugasnya ini dan itu. Tentunya dengan bahasa yang baik. Ketegasan ini akan membuat orang seperti itu berpikir untuk berbuat curang pada kita. Dan dia juga tidak akan seenaknya memperalat kita untuk keperluannya.
  3. Jangan sampai mau rela diperalat oleh orang yang curang. Kebanyakan orang indonesia adalah (Nrima itu lebih baik dari pada ribut !). Tetapi walau di depan nrima tetapi dibelakan nggrundel. Ini sangat tidak baik untuk kita. Kita yang akan selalu dibayangi perasaan nggak suka dan ngga ikhlas.Dari sisi orang yang curang dalam bekerja, adalah sangat menyenangkan jika menemukan teman kerja yang nrima dan nggak suka protes. Tetapi adalah suatu keburukan bagi orang yang lebih baik diam dari pada memperjuangkan hak-haknya. Dan selalu akan selalu memperalat kita jika kita dari awal nggak mau protes.
JIKA BERTEMU DENGAN ORANG YANG BANGGA DENGAN KEDUDUKAN
Kadang ada orang yang menggunakan jabatan atau keseniorannya atau ketinggian pangkatnya untuk menunjukan bahwa senior itu harus dihargai oleh junior, atau junior itu harus hormat pada senior atau kata-kata junior itu nggak setara dengan pendapat para senior atau juga terhadap orang yang lebih rendah pangkatnya dia akan memandang sebelah mata
Jika bertemu orang-orang kaya gitu, langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah :
  1. Usahakan jangan satu tim kerja dengan orang ini
  2. Usahakan jangan membuka pintu debat dengan orang seperti ini
  3. Usahakan jaga jarak agar dia tidak memperhatikan kita, atau kalau bisa dia nggak usah tau keberadaan kita
Pengalamannya adalah dalam satu tim kerja ada orang yang lebih dulu masuk kerja, kemudian yang lain masuk kerja belakangan di perusahaan. Maka biasanya orang yang lebih lama kerja di situ akan merasa lebih layak untuk dihargai karena di merasa senior di sana.
JIKA ADA TEMAN YANG SUKA NGE-GAP
Kadang ada juga kita bekerja bersama orang-orang yang hanya mau ngobrol enak dengan sesamanya. Sesama yang dimaksud di sini bisa dalam hal hoby, suku bahkan agama. Kalau nggak sama sesamanya dia akan membatasi porsi kerja sama.
Cara mengatasinya kurang lebih sama dengan cara menghadapi orang yang bangga dengan posisinya yang lebih di atas.

oleh ahsanfile

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger